Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logoff,Instrumen Utama Aplikasi Web

VIVAnews - Era komputasi awan mendorong seluruh industri untuk mentransformasikan jaringannya ke tingkat yang lebih ringkas dan efisien. Beberapa industri ritel, seperti Internet banking, e-pemerintah, dan industri lainnya berbasis komputasi awan membutuhkan kesadaran lebih tentang pentingnya keamanan aplikasi Web.


Di sela Web Application Security Conference 2010, Indra Utoyo, chief information officer Telkom mengatakan bahwa kegagalan dalam keamanan aplikasi Web dapat memiliki konsekuensi serius bagi perusahaan.

"Seperti misalnya kerugian finansial atau bocornya informasi yang ujung-ujungnya juga mengakibatkan kerugian signifikan sebuah perusahaan," kata Indra dalam keterangan resmi ITSEC Asia, Senin 13 Desember 2010.

Menurut Indra, mengamankan aplikasi Web memang tidak mudah. Namun, pengembang aplikasi Web umumnya kurang ahli dalam bidang keamanan dan seringkali tidak mengerti jika aplikasi Web memerlukan investasi yang signifikan.

"Intinya, untuk mengamankan aplikasi Web dibutuhkan kesadaran keamanan pada semua tingkatan dalam perusahaan, mulai dari pengembang, eksekutif, sampai pengguna," tuturnya.

Sementara itu, Marek Bialoglowy, Chief Technology Officer ITSEC Asia menuturkan bahwa pengamanan aplikasi Web seperti Internet Banking, e-government, adalah instrumen yang sangat penting. Senada dengan Indra, untuk mengamankan aplikasi web bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Sebabnya, masih banyak perusahaan-perusahaan raksasa yang menjadi korban retas (hacking) melalui aplikasi Web.

"Para pengembang aplikasi Web perlu mendapatkan pengembangan teknologi keamanan pada apa yang mereka bangun. Itulah sebabnya konferensi ITSec Asia diadakan sebagai salah satu wadah bertukar informasi," kata Bialoglowy.

Untuk diketahui, konferensi Web App Sec 2010 diselenggarakan oleh ITSEC Asia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan aplikasi web, termasuk Internet Banking, e-pemerintah, atau dalam komputasi awan. Forum ini memang memfokuskan diri pada aspek keamanan dari seluruh instrumen yang ada dalam aplikasi Web.

Terdapat enam pembicara pakar yang turut berpartisipasi dalam konferensi ini, termasuk Indra Utoyo, Marek Bialoglowy, Nor Ramzani Abdul Rahim (chief technical director PT Scan Nusantara), Ruhimat (CISA Manager-Veda Praxis) ,Sheran Gunasekera (Zenzonsult), Michael Sargent (Technical Advisor PT Scan Nusantara), Ariesto Kosasih. (umi)

• VIVAnews
Blogger|inchubunaken

Posting Komentar untuk "Logoff,Instrumen Utama Aplikasi Web"